Rihlah “JAUH” (Sebuah Catatan Panjang)

LP3MB Bekasi wilayah cikarang pada hari Ahad, 6 May 2012 telah mengadakan Rihlah Perdana di Tahun 2012 Ke Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Mengambil Tema Rihlah Jauh “Jalin Ukhuwah” Taffakur Alam pesona Gunung Tangkuban Perahu. Rihlah ini merupakan realisasi program kerja dari Departemen Diklat , sehingga acara kali ini langsung mendapat supervisi dari departemen tersebut.

Rihlah yang direncanakan berlangsung  sehari penuh ini, ditujukkan bagi pelajar, mahasiswa dan umum. Dengan kontribusi peserta hanya sebesar Rp 80 ribu, peserta nantinya akan disuguhi dengan permainan atau games yang menarik khas LP3MB selain tentunya pesona keindahan Pegunungan Tangkuban Perahu yang luar biasa indahnya. Subhanalloh,….

Persiapan dan Perjalanan

Peserta berkumpul, sesuai dengan petunjuk dan perintah dari panitia, di Halte Plaza JB (depan Hotel Grand Zuri) mulai pukul  5.30 pagi. Pengkondisian peserta merupakan hal penting yang harus dilakukan pertama kali sebelum keberangkatan. Jumlah total peserta + panitia berjumlah 29 orang. Peserta didominasi oleh peserta akhwat. Peserta Ikwan hanya berjumlah 3 orang. Sebagian besar peserta dari kalangan kampus. Setelah semua dirasa siap oleh panitia, dan tidak lupa berdoa tentunya, maka perjalananpun dimulai.

Sekitar pukul 7 kurang bus meluncur dari Halte. Menyusuri kepadatan ahad pagi di cikarang, lalu masuk Tol Cikarang Barat menuju Cikampek. Di dalam Bus, peserta dibagikan snack untuk sedikit mengganjal perut.

Sembari menikmati perjalanan, panitia memberikan penjelasan tentang “Siapa dan Apa itu LP3MB” kepada peserta, yang dipandu oleh Kak Eko P. Gambaran tentang sepak terjang LP3MB, digambaran secara runut dan jelas oleh Beliau. Basis sekolah dan kampus yang menjadi dasar kegiatan LP3MB.

Perjalanan menuju lokasi relatif lancar, terlihat kondisi jalan yang tidak begitu ramai. Perjalanan menyusur Tol Cikarang – Sadang tidak mengalami kendala berarti, mungkin peak season kemacetan sudah terjadi tadi malam dan di siang hari nanti.

Setelah keluar Tol Sadang, barulah perjalanan tidak selancar di Jalan Tol.  Dikarenakan kondisi jalan yang tidak begitu lebar, hanya cukup untuk 2 mobil, dan terkadang menemui jalan rusak sehingga mengharuskan antri.

Setelah hampir 4 jam perjalanan, akhirnya sampai juga di tempat yang di tuju Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu. Mengambil posisi jalan belakang (melewati tempat para goweser melakukan aksinya – Down/High Hill).

Acara & Permainan Ukhuwah

Perjalanan menanjak menuju arah terminal Tangkuban Perahu memakan waktu sekitar 2 jam (jalan kaki). Jalan yang didomisasi tanjakan ini, dapat memacu andrenalin setiap peserta yang hadir untuk menaklukkannya. Sebelum perjalanan panjang dilakukan, terlebih dahulu dimulai dengan ceremony oleh panitia. Agar peserta semuanya mendapat gambaran dan manfaat yang jelas tentang pentingnya acara ini. Panitia menjelaskan bahwa salah satu manfaat dari Rihlah ini adalah membentuk karakter muslim yang tangguh, tangguh secara jasmani dan tangguh secara ruhani. Allohu Akbar,….

Hujan menemani perjalanan panjang peserta. Membuat suasana semakin khusyuk dan menjadi tantangan tersendiri bagi peserta. Sesekali hujan deras, tapi tidak menyulutkan nyali sebagian besar peserta, walaupun peserta didominasi oleh kaum akhwat. Sesekali terdengar teriakan riuh panitia akhwat untuk memberikan semangat kepada peserta akhwat, dengan teriakan “Siaapa Kitaaa..”…dijawab teriakan oleh peserta akhwat dengan “Akhwat Tangguh”…lalu takbir..Allohu Akbar…memecah kesunyian alam  Bukit Tangkuban Perahu.

Kondisi permukaan jalan yang relative rusak, setelah sebelumnya beberapa meter kondisi jalan sangat mulus, ditambah hujan membuat bongkahan batu jalan rusak menjadi licin dan tercipta pula beberapa “danau buatan”,..membuat perjalan menjadi lebih asyikk…Allohu Akbar,…

Games yang diberikan semuanya bermuara untuk menstimulasi tingkat ukhuwah peserta. Sejauh mana tingkat ukhuwah yang kita pahami. Salah satunya adalah peserta di wajibkan mengingat identitas peserta lain, dari mulai nama sampai hobby. Caranya panitia memberikan secarik kertas, lalu peserta disuruh untuk mengisi data pribadi, setelah selesai lalu dikumpulkan ke panitia. Kertas-kertas yang telah diisi lalu diberikan kepada peserta secara bergiliran, dengan maksud peserta akan membaca isi kertas itu dan menghafalnya dan dengan diberikan batas waktu yang singkat ,…lalu mulailah tahap pengetesan satu persatu peserta oleh panitia…, games ini akan efektif kalo jumlah peserta relatip banyak,..tentunya dengan pembagian kelompok-kelompok…makin seru ajah…

Sedianya panitia menyediakan beberapa games dengan melewati beberapa pos, tapi dikarenakan kondisi alam yang tidak memungkinkan dan waktu yang sangat terbatas, panitia hanya menyediakan 2 pos, dengan games yang berbeda tentunya. Yang games itu membuat peserta bisa lebih mengerti arti bekerja sama, saling memahami dan arti ukhuwah itu sendiri.

Keindahan dan keelokkan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu di sepanjang perjalanan, telah membayar semua keletihan peserta. Kehebatan Sang Maha Pencipta dalam Penciptannya telah menghipnotis semua peserta untuk tunduk pasrah dan bisa menggetarkan hati kecil ini untuk menggerakkan bibir seraya mengucapkan berulang kali “Subahanalloh,…Alangkah Indah dan Besarnya Ciptaan-Mu Ya Robb…”, tak terasa ingin rasanya air mata ini menetes, betapa yang kita miliki ini tidak ada apa-apanya dengan Kebesaran akan CiptaanNya. “Ya Robbi,..dengan kerenddahan hati kami memohon hilangkan dan jauhkanlah rasa benci di hati kami, rasa sombong di hati kami,…tundukkan diri ini untuk senantiasa bersyukur dan taat kepada-Mu”.Aamiinn,…

Akhirnya setelah 2 jam perjalanan sampai juga di Terminal Tangkuban Perahu, agenda selanjutnya adalah Ishoma dan dilanjutkan dengan acara menikmati pemandangan dan keindahan Kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Pesan dan Kesan

Peserta sangat antusias dengan kegiatan rihlah “JAUH” ini, terlihat dari semangat yang ditunjukkan oleh masing-masing peserta , bahkan ada peserta akhwat yang terkena sakit tapi dengan semangatnya terus mengikuti acara sampai selesai. Walaupun sudah diingatkan oleh panitia. Show must go on….Allohu Akbar….Bismillah,…

Kedepan, peserta mengharapkan kepada panitia agar lebih memaksimalkan acara yang luar biasa ini. Dengan mempertimbangkan factor alam yang sering datang tidak terduga dan peningkatan kedisiplinan waktu, sehingga agenda-agenda yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan sempurna dan tujuan utama dapat tercapai. Peserta juga mengharapkan rihlah kali ini akan diikuti dengan agenda-agenda selanjutnya (follow-up). Yang mungkin sedikit terpikir di saya (selaku penulis), bagaimana kalo kepanitiaan berikutnya biarlah peserta yang meng-handle-nya (DKM Kampus, DKM Sekolah) dan LP3MB berdiri dibelakangnya, sebagai supporting utama, mungkin ini akan lebih bermakna.

Departemen Diklat, dalam hal selaku penggagas acara, meminta maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan yang ada, sehingga acara “Rihlah Jauh” dirasa kurang maksimal dan semoga untuk kedepannya dapat diperbaiki untuk lebih baik.

Di luar itu semua, appresiasi patut diberikan kepada Panitia secara keseluruan yang telah bekerja keras siang dan malam, membagi waktu antara kerja dan kuliah, dan menguras tenaga untuk menyisihkan waktu sejenak memikirkan agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dan juga ucapan teriamaksih ditujukkan kepada teman-teman peserta yang telah mempercayakan untuk dapat bergabung dalam kegiatan “Rihlah Jauh” ini. Two thumbs for you guys,…

Akhirnya, dengan hanya momohon kepada Alloh SWT semoga kita selalu mendapatkan limpahan Rahmat dan Keberkahan dari-Nya, dan mendapatkan balasan yang banyak atas kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan.Aamiin,…

Wallahu A’lam bish-Shawab

….Pesona Gunung Tangkuban Perahu Begitu Menggoda Selanjutnya Terserah Anda….

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di In Action. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s